Rabu, 13 Mei 2009

Profil Prodi Matematika Sultan Ageng Tirtayasa

PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

SEJARAH BERDIRINYA
PROGRAM STUDI

  • BERDIRI TAHUN 2002
  • Dengan Keputasan Rektor UNTIRTA Banten, Nomor:032/j.43/A.18/SK/VII/2002 Tentang pembukaan program studi dan fakultas di Lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang ditetapkan di Serang 31 Juli 2002 oleh Rektor UNTIRTA : Prof. DR. IR. H. Abdul Bari, M.Sc
  • Tanggal 17 Juni 2004 dengan Nomor 2098/D/T/2004 ijin penyelenggaraan program studi baru pada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang Banten, yang ditetapan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

VISI PROGRAM STUDI

Pada tahun 2018, telah terwujud program studi pendidikan matematika yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi dan berkompetensi. Serta menjadi pusat pendidikan, pengkajian dan penelitian pendidikan matematika di Provinsi Banten.

MISI PROGRAM STUDI

  • Memiliki akreditasi (minimal B) pada tahun 2009.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan pedagogi, manajerial, alat peraga, dan media, khususnya pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pendidikan.
  • Menjembatani pengembangan pendidikan matematika antara ilmuwan, stakeholder, dan praktisi pendidikan.

TUJUAN PROGRAM STUDI

  • Meningkatkan profesionalisme dan kompetensi dosen dan staf.
  • Meningkatkan kualitas prestasi dan partisipasi mahasiswa pada berbagai kompetisi ilmiah.
  • Meningkatkan kualitas manajemen dan pelayanan.
  • Melengkapi berbagai sarana dan prasarana untuk pembelajaran.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran.*
  • Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam strategi belajar mengajar.
  • Mengembangkan keterampilan manajerial mahasiswa melalui kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler.
  • Mengembangkan keterampilan mahasiswa pada bidang TIK untuk pendidikan.
  • Menjalin komunikasi antara ilmuwan, stakeholder dan praktisi pendidikan.

PROGRAM KERJA PRODI

  • Memberikan kesempatan kepada dosen untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
  • Merekomendasikan dosen untuk mengikuti seminar (pemakalah), pelatihan, lokakarya, workshop dan sejenisnya.
  • Memfasilitasi dosen dalam menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya.
  • Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan matematika.
  • Membentuk kelompok kerja dosen berdasarkan bidang keahlian (komputer, pembelajaran dan matematika).
  • Mengadakan seminar internal dosen dilakukan minimal dua kali dalam satu semester.
  • Mengadakakan orasi ilmiah untuk dosen yang akan naik pangkat mulai dari jabatan fungsional lector.
Mengadakan pembinaan olimpiade matematika dan kegiatan ilmiah lain yang bekerja sama dengan Pembantu Dekakn III dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Matematika.
  • Pembuatan Prosedur Operasi Standar program studi.
  • Mengoptimalkan penggunaan Laboratorium Matematika.
  • Mengadakan perpustakaan program studi.
  • Mengoptimalkan mata kuliah PPLK 1 dan dibentuk tim dosen matematika.
  • Mengadakan seminar regional tentang pendidikan bekerjasama dengan HMJ Pendidikan Matematika.
  • Menawarkan mata kuliah pilihan pada bidang komputer